Rabu, 13 April 2011

Peter Sanders

Tuhan Memilihkan Islam untuk Saya

"Fotografi telah mengenalkan Islam kepada Barat" begitu kata Peter Sanders, fotografer kelas dunia yang juga pemilik Peter Sanders Photography Library seperti dikutip harian Al-Watan edisi 29 Januari 2008.

Sanders menyatakan bahwa masyarakat Barat banyak tang tak tahu dan tak mengenal Islam secara benar. Namun peristiwa 11 September 2001 telah membawa masyarakat Barat untuk mengetahui Islam yang sebenarnya secara lebih mendetail. Termasuk, melalui hasil karya seni atau fotografi, seperti yang dihasilkannya. Karena, menurut Sanders, hasil fotografi yang indah akan lebih cepat memperkenalkan Islam kepada masyarakat Barat.


Sebagai salah satu fotografer legendaris dan ternama, Sanders terbilang unik. Ia tak pernah mengenyam pendidikan fotografi, sebagaimana umumnya para fotografer profesional.

Sanders hanya belajar fotografi secara autodidak.Kursus fotografi pertama Sanders justru dilakukan akhir tahun 1990 di Swiss atau tiga dasawarsa setelah ia malang melintang di jagat fotografi. "Itu pun karena saya mendapat proyek di Arab Saudi yang menuntut penggunaan kamera format besar," katanya.

Bersambung....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan